Pengertian Al Ahwal Dan Tingkatan Al Ahwal (Tasawuf)

a. Pengertian Al Ahwal
Al ahwal bentuk jamak dari kata dalam bahasa Arab hal, biasanya diartikan sebagai keadaan mental (menthal states) yang dialami oleh para sufi di sela-sela perjalanan spiritualnya. Ibn Arabi menyebut hal sebagai setiap sifat yang dimiliki seorang salik pada suatu waktu dan tidak pada waktu yang lain, seperti kemabukan dan fana’. Eksistensinya bergantung pada sebuah kondisi. Ia akan sirna manakala kondisi tersebut tidak lagi ada. Hal tidak mampu dilihat dilihat tetapi mampu dipahami dan dirasakan oleh orang yang mengalaminya dan risikonya sulit dilukiskan dengan ungkapan kata.

b. Tingkatan Al Ahwal
Menurut Al Thusi sebagai item yang termasuk di dalam kategori hal yaitu: Al Muraqabah (rasa selalu diawasi oleh Tuhan), Al Qurb (perasaan akrab kepada Tuhan), Al Mahabbah (rasa cinta kepada Tuhan), Khauf wa Raja’ (rasa takut dan pengharapan kepada Tuhan), Al Dzauq (rasa rindu), Al Uns (rasa berteman), Al Thuma’ninah (rasa tenteram), Al Musyahadat (perasaan menyaksikan Tuhan dengan mata hati), dan Al Yaqin (rasa yakin).

1). Muraqabah
Muraqabah dalam tradisi sufi ialah kondisi kejiwaan yang dengan sepenuhnya ada dalam keadaan konsentrasi dan waspada. Sehingga segala daya pikir dan imajinasinya tertuju pada satu fokus kesadaran ihwal dirinya. Lebih jauh, muraqabah akan penyatuan antara Tuhan, alam dan dirinya sendiri sebagai manusia.

Muraqabah merupakan bentuk hal yang sangat penting. Karena intinya segala sikap peribadatan yaitu dalam rangka muraqabah atau mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan kata lain muraqabah juga dapat diartikan sebagai kondisi kejiwaan, di mana seorang individu senantiasa merasa kehadiran Allah Swt, serta menyadari sepenuhnya bahwa Allah Swt selalu mengawasi segenap sikap hambanya. Dengan kesadaran semacam ini, seorang hamba akan selalu mawas diri, menjaga diri untuk tetap pada kualitas kesempurnaan penciptaannya.

2). Mahabbah
Mahabbah mengandung arti keteguhan dan kemantapan. Seorang yang sedang dilanda rasa cinta pada sesuatu tidak akan beralih atau berpaling pada sesuatu yang lain. Ia senantiasa teguh dan mantap serta senantiasa mengingat dan memikirkan yang dicinta. Al Junaidi ketika ditanya tentang cinta menyatakan seorang yang dilanda cinta akan dipenuhi oleh ingatan pada sang kekasih, sampai tak satupun yang tertinggal, kecuali ingatan pada sifat-sifat sang kekasih, bahkan ia melupakan sifatnya sendiri.

Dilihat dari segi orangnya, berdasarkan Abu Nashr Al Thusi, cinta kepada Tuhan terbagi menjadi tiga macam cinta.

Pertama, cinta orang-orang awam. Cinta seperti ini muncul karena kebaikan dan kasih sayang Tuhan kepada mereka. Ciri-ciri cinta ini yakni ketulusan dan keteringatan (zikir) yang terus-menerus. Karena jikalau orang mengasihi sesuatu, maka ia pun akan sering mengingat dan menyebutnya.

Kedua, cinta orang-orang yang shadiq dan mutahaqqiq. Cinta mereka ini timbul alasannya adalah penglihatan mata hati mereka terhadap kekayaan, keagungan, kebesaran, pengetahuan dan kekuasaan Tuhan. Ciri-ciri cinta ini yaitu “terkoyaknya tabir” dan “tersingkapnya belakang layar” Tuhan. Selain itu, ciri lain yaitu lenyapnya kehendak serta hilangnya semua sifat (kemanusiaan dan cita-cita duniawi).

Ketiga, cinta orang-orang shiddiq dan terpelajar. Cinta macam ini timbul dari penglihatan dan pengenalan mereka terhadap ke-qadim-an Cinta Tuhan tanpa alasannya (illat) apapun.

3). Khauf
Al Qusyairi mengemukakan bahwa khauf terkait dengan peristiwa yang akan tiba. Yakni akibat datangnya sesuatu yang dibenci dan sirnanya sesuatu yang dicintai. Takut kepada Allah Swt berarti takut terhadap aturan-hukumnya baik di dunia maupun di alam baka. Sebagaimana firman Allah Swt

فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

falaa takhaafuuhum wakhaafuuni in kuntum mu'miniin

“… alasannya adalah itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jikalau kamu benar-benar orang yang beriman.”(QS Ali Imran [3]: 175)

Seorang yang diliputi perasaan takut hanya akan melaksanakan tindakan yang seharusnya beliau lakukan untuk kebaikan dalam jangka panjang ke depan, bukan sekedar alasannya adalah keinginan-cita-cita nafsunya atau sebab kepentingan sesaat. Seorang yang khauf akan berfikiran jauh ke depan.

4). Raja’
Raja’ yaitu keterikatan hati dengan sesuatu yang diinginkan terjadi pada periode yang akan datang. Al Qusyairi membedakan antara keinginan dengan angan-angan (tamanni). Raja’ bersifat aktif, sementara tamanni bersifat pasif. Seseorang yang mengharapkan sesuatu akan berupaya semaksimal mungkin untuk meraih dan merealisasikan impian-harapannya. Sementara orang yang mengangan-angankan sesuatu hanya berdiam diri dan tidak melaksanakan apapun yang dapat mengantarkannya untuk mendapatkan yang diangan-angankannya.

Harapan akan membawa seseorang pada perasaan optimis dalam menjalankan segala aktifitasnya, serta menghilangkan segala keraguan yang menyelimutinya. Dengan demikian, beliau akan melaksanakan segala aktifitas terbaiknya dengan penuh kayakinan.

5). Syauq
Rindu (syauq) merupakan luapan perasaan seseorang individu yang mengharapkan untuk senantiasa bertemu dengan sesuatu yang dicintai. Luapan perasaan kerinduan terhadap sesuatu akan menghapuskan segala sesuatu selain yang dirindukan. Begitu pula seorang hamba yang dilanda kerinduan kepada Allah Swt akan terlepas dari segala hasrat selain Allah Swt. Oleh kesannya sebagai bukti dari perasaan rindu adalah terbebasnya diri seseorang dari hawa nafsu.

Secara psikologis, seseorang yang dilanda perasaan rindu, yakni mereka yang segala aktifitas baik sikap maupun gagasannya tertuju pada satu titik tertentu, sesuai dengan apa yang dianggapnya sebagai kebenaran yang hakiki. Dan tidak akan tergoyahkan dengan segala cita-cita yang semu yang dapat mengalihkan perhatian dan konsentrasinya. Sehingga beliau akan senantiasa terjaga dari segala hal yang tidak seharusnya beliau lakukan atau beliau pikirkan. Ia akan melakukan segala tindakan terbaiknya dengan penuh kesenangan dan kegembiraan, tanpa rasa keraguan atau kecemasan.

6). Uns
Perasaan suka cita (uns) merupakan kondisi kejiwaan, di mana seseorang merasakan kedekatan dengan Tuhan. Atau dengan pengertian lain disebut sebagai pencerahan dalam kebenaran. Seseorang yang ada pada kondisi uns akan merasakan kebahagiaan, kesenangan, kegembiraan serta suka cita yang meluap-luap. Kondisi kejiwaan mirip ini dialami oleh seorang sufi ketika merasakan kedekatan dengan Allah Swt. Yang mana, hati dan perasaannya diliputi oleh cinta, kelmbutan serta kasih sayang yang luar biasa, sehingga sangat sulit untuk dilukiskan.

Keadaan seperti ini dapat dialami oleh seorang sufi dalam situasi tertentu, misalnya dikala menikmati keindahan alam, keluasan bacaan atau merdunya alunan musik, yang mana dalam situasi tersebut seorang sufi benar-benar merasakan keindahan Allah Swt. Tentu saja antara antara individu satu dengan yang lain mempunyai pengalamannya sendiri-sendiri dengan muatan dan rasa yang bersifat pribadi, sehingga tidak mampu digambarkan dengan terperinci oleh orang lain.

7). Tuma’ninah
Tuma’ninah yakni keteguhan atau ketentraman hati dari segala hal yang dapat mempengaruhinya. Hal ini didasarkan pada firman Allah Swt,

يَٰٓأَيَّتُهَا ٱلنَّفْسُ ٱلْمُطْمَئِنَّةُ . ٱرْجِعِىٓ إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً . فَٱدْخُلِى فِى عِبَٰدِى . وَٱدْخُلِى جَنَّتِى

27. Hai jiwa yang tenang. 28. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. 29. Maka masuklah ke dalam jama›ah hamba-hamba-Ku, 30. masuklah ke dalam syurga-Ku. (QS. Al Fajr [89]: 27-30)

Ibnu Qayim membagi tuma’ninah dalam tiga tingkatan:

Pertama, ketenangan hati dengan mengingat Allah Swt.
Kedua, ketentraman jiwa pada kashf, ketentraman perindu pada batas penantian.
Ketiga, ketentraman menyaksikan Tuhan pada kelembutan kasihnya.

Ketiga tingkatan ini berkaitan dengan konsep fana’ dan baqa’. Menurut pandangan sejumlah sufi, fana’ adalah gugurnya sifat-sifat tercela, sedangkan baqa’ ialah jelasnya sifat-sifat terpuji.

8). Musyahadah
Musyahadah yakni kehadiran Al Haqq dengan tanpa dibayangkan. Menurut Al Junaid, orang yang ada pada puncak musyahadah kalbunya senantiasa dipenuhi oleh cahaya keTuhanan, sehingga ibarat kilatan cahaya di malam hari yang tiada putus sama sekali, sehinggga malampun laksana siang yang nikmat.

9). Yaqin
Al Yaqin dalam terminologi sufi yaitu merupakan perpaduan antara ‘ilmu al yaqin, ’ain al yaqin dan haqq al yaqin.

‘Ilm al Yaqin yakni sesuatu yang ada dengan syarat adanya bukti. sedangkan ‘Ain al Yaqin, sesuatu yang ada dengan disertai kejelasan. Haqq al Yaqin yaitu sesuatu yang ada dengan sifat-sifat yang menyertai kenyataannya. ‘Ilm al Yaqin, dibutuhkan untuk mereka yang cenderung rasional. ‘Ain al Yaqin bagi para ilmuwan. Sedangkan haqq al Yaqin bagi orang-orang yang ma’rifah.

Jadi, Al Yaqin ialah sebuah dogma yang kuat dan tak tergoyahkan perihal kebenaran pengetahuan yang dimiliki, alasannya penyaksiannya dengan segenap jiwanya dan dirasakan oleh seluruh ekspresinya, serta disaksikan oleh segenap eksistensinya.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan ihwal pengertian al ahwal dan tingkatan al ahwal. Sumber buku Siswa Akidah Akhlak Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com agar bermanfaat. Aamiin.

0 Response to "Pengertian Al Ahwal Dan Tingkatan Al Ahwal (Tasawuf)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel